Hari ini berbagai permasalahan di dunia pendidikan kian kompleks terasa. Penanaman moral, etika dan nilai-nilai kepemimpinan semakin morosot setiap harinya, seorang murid yang tak menyantuni gurunya lagi, atau guru yang yang sudah tak memiliki hakikat nillai kepemimpinan lagi dalam mendidik murid-muridnya, mereka memberikan “dogma” bukan sugesti, padahal menurut Edward Bulwer ” guru yang baik adalah ia yang memberikan sugesti, bukan dogma, dan memberi inspirasi kepada pendengarnya agar bisa mengajari diri sendiri “.
Menyikapi fenomena tersebut, Senat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung mencoba memfasilitasi para calon pendidik untuk dapat mengimplementasikan nilai-nilai kepemimpinan yang unggul dalam mendidik dengan menyelenggarakan sebuah Motivation Training pada tanggal 14 April 2012 hari sabtu kemarin yang dilaksanakan di ruang sidang Fakultas Tarbiyah dan Keguruan lantai IV, sebagai bekal untuk masa yang akan datang.
Kegiatan motivation training ini merupakan salah satu program dari Dekan Fakultas Tarbiyah dan keguruan yang di fasilitasi oleh SMF-TK dan menjadi salah satu rangkaian kegiatan education fair yang akan dibuka pada tanggal 21 April 2012 mendatang. Acara ini dihadiri oleh 120 lebih peserta dari setiap jurusan, yang terdiri dari setiap pengurus HIMA dan seluruh kosma dari setiap kelas.
Kegiatan ini sangat di sambut baik oleh pihak dekanat, Prof. Dr. Supiana M. Ag selaku Pembantu Dekan 1, beliau menyatakan dalam sambutannya bahwa ” acara ini adalah acara yang MAHAPENTING, acara ini merupakan stimulus untuk mengaktualisasikan potensi-potensi diri yang dimiliki oleh para mahasiswa”.
Antusiasme dari peserta pun nampak jelas saat kegiatan ini berlangsung. Dr. Tjipto Sumadi M.Si, M.Pd selaku Trainer pada Motivation Training kali ini memandu kegiatan ini dengan sangat apik. Melalui kegiatan ini peserta di ajak berfikir kritis untuk mengevaluasi pernyataan dan berfikir kritis dalam menilai situasi. Beliau menyatakan bahwasanya pola pikir sangat mempengaruhi gerak langkah seseorang, namun tak hanya sampai disitu saja, konsep ini tidak hanya berkutat pada head saja, namun masih ada heart dan hand yang menjadi penunjang dalam menentukan langkah seseorang . konvergenisme menjadi salah satu faham yang unggul dalam konsep berfikir, karena didalamnya terdapat akumulasi dari nativisme , empirisme, dan environmentalisme.
Begitu banyak materi-materi dan simulasi luar biasa yang beliau sampaikan pada kegiatan kali ini, nampaknya satu hari penuh masih dirasa sangat kurang untuk kegiatan motivation training ini. Berbagai ilmu dan simulasi yang berkaitan dengan pola pikir menjadi hal yang sangat luar biasa menarik untuk terus ditelusuri .
Kami berharap kegiatan motivation training ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua serta dapat menumbuhkan pola pikir yang “cerdas” untuk dapat mengimplementasikan nilai-nilai kepemimpinan yang unggul dalam mendidik pada masa yang akan datang.

Testimoni peserta Motivation Training 14 April 2012

“Acara motivation hari ini luar biasa, pemateri memberikan materi-materi dan simulasi-simulasi yang dapat memotivasi peserta training, untuk berfikir jauh ke depan, sehingga menjadi seseorang yang one plus match, selangkah lebih maju dari yang lain, yakin akan potensi diri. Sukses selalu untuk SMF-TK “
(Nisa, Pendidikan Biologi)

“Super sekali, ditunggu kegiatan-kegiatan seperti itu lagi”.
( Abdul kamal Mubayyin, PBA)

“Motivation training ini, luar biasa bagus, terutama pemateri dan materi nya sangat memotivasi dan sangat berkesan, acaranya bisa dibilang sukses, mudah-mudahan senat bisa mengadakan acara seperti ini lagi”.
( Elis, Pendidikan Matematika)

“Acara motivation training ini sangat luar biasa, saya pribadi merasakan dampak positif, acara seperti ini sangat baik diselenggarakan secara berkala, selamat bagi SMFTK dan sukses selalu”.
( Listi, PBI )