[Suakaonline]-Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yang lebih dikenal dengan Student Association English Education Department (SAEED) menggelar acara MC, Host and Great Art Performance Casts Audition, Senin (13/02). Audisi ini berlangsung di Auditorium UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara ini merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Milad PBI ke–13 yang dinamakan SAEED Thirteen Anniversary Festival (STAFEST) yang puncaknya akan diselenggarakan pada bulan Mei.

“Audisi ini penting sekali, karena acara audisi ini akan menentukan acara kita selanjunya. Jadi, orang-orang yang terpilih dalam audisi ini akan ditampilkan untuk acara-acara selanjutnya, seperti acara AlumniGathering atau reunian di PBI,” ujar Fajar, selaku Ketua OC acara STAFEST.

Dengan adanya acara ini diharapkan akan terjalin antara pengurus dan non pengurus. “Seperti yang kita ketahui, biasanya di Hima-Hima, seperti di Hima kita juga seperti ada tembok penghalang antara pengurus dan non pengurus. Dengan adanya milad, kita satukan kembali hati kita, pikiran kita di sini, karena kita mempunyai satu tujuan yaitu jadi orang yang berguna,” tambah mahasiswa semester empat tersebut.

Untuk juri audisi MC, Host dan Great Art Performance (GAP) ini berasal dari kalangan mahasiswa jurusan PBI sendiri “Tapi yang sudah bener-bener berpengalaman dalam ranahnya,” tutur Fajar. Untuk audisi MC dan Host, yang menjadi jurinya adalah Ketua Hima PBI Listy Hikmatin, Ahdiyanti Wulandari dan Yayat. Ketiganya sudah berpengalaman dan sudah beberapa kali memenangkan lomba di bidang MC danNews Casting, bahkan salah satu jurinya merupakan pembawa acara di radio RRI. Sementara untuk audisiArt Creation dan GAP, yang menjadi jurinya adalah Mega, Eggy dan Ilham. Yang ketiga juri ini bergiat di bidang teater dan juga sudah berpengalaman di bidangnya.

Mengenai antusiasme peserta, Fitri, salah satu panitia dari acara tersebut menuturkan antusiasme peserta terhadap audisi ini sangat besar, terbukti dari banyaknya peserta yang mengikuti audisi ini. Acara yang berlangsung setiap tahun ini diikuti oleh 74 peserta, terdiri dari mahasiswa semester dua, empat dan enam jurusan PBI. “Untuk pesertanya memang dikhususkan dari jurusan PBI, karena nantinya untuk acara di PBI juga. Jadi, dari PBI untuk PBI dan oleh PBI,” ungkapnya. Hal yang sama diungkapkan oleh Fajar. “Alhamdulillah, untuk tahun sekarang pesertanya membludak banget,” ujarnya.

Rohmatul Hidayah (17), Salah satu peserta audisi MC, Host dan GAP, mengatakan cukup antusias dengan acara tersebut. “Acaranya bagus, dan dengan diadakannya audisi ini diharapkan bisa menggali bakat-bakat yang terpendam di mahasiswa PBI,” Peserta yang mengikuti Art Creation dan Audisi MC ini mengaku senang dengan diadakannya acara audisi tersebut. “Dengan adanya audisi ini juga dapat melatih keberanian kita untuk bebicara di depan orang banyak dan biar kita nggak grogi saat berhadapan dengan orang banyak,”

Hal ini juga diamini oleh Rani (19), peserta GAPcasting. “Acaranya bagus banget buat menunjang kemampuan dan bakat mahasiswa PBI. Meskipun akunggak terpilih, tapi aku seneng, seenggaknya aku dapat pengalaman menarik dengan mengikuti audisi ini,” tuturnya. Mahasiswi yang berasal dari Bengkulu ini juga berharap seluruh rangkaian acara yang akan diadakan STAFEST bisa berlangsung dengan sukses.